12 January 2020, 01:30 WIB

Joaquin Phoenix, Ditangkap saat Aksi Protes Iklim


Uca/H-1 | Hiburan

BARU saja dinobatkan sebagai aktor terbaik dalam ajang Golden Globe 2020 lewat perannya dalam film Joker, Phoenix, 45, kini ditangkap polisi atas keterlibatannya dalam protes perubahan iklim di Washington DC, Amerika Serikat. Dia bersama sekitar 300 orang dalam aksi tersebut yang diinisiasi aktris Jane Fonda di halaman Gedung Kongres AS atau US Capitol.

Phoenix ditangkap setelah menyampaikan pidato singkatnya terkait dengan efek industri peternakan hewan, khususnya olahan susu dan da­ging terhadap perubahan iklim. Saat mempersilakan Phoenix untuk menyampaikan pidato di atas panggung-menyudahi dirinya berbicara, Fonda menyebut Phoenix sebagai salah satu aktor terbesar yang masih hidup saat ini.

“Sesuatu yang saya pikir tidak sering dibicarakan dalam gerakan lingkungan atau dalam pembicaraan menyangkut perubahan iklim adalah bahwa industri daging dan susu sebagai penyebab utama ketiga dari perubahan iklim,” ujar Phoenix di podium pada Jumat (10/1).

Phoenix pun berkomitmen untuk terus memerangi perubahan iklim.

“Saya berjuang sangat keras dengan apa yang dapat saya lakukan (untuk memerangi perubahan iklim). Ada hal-hal yang tidak dapat saya hindari-saya terbang dengan pesawat ke sini hari ini, atau semalam lebih tepatnya. Namun, satu hal yang yang bisa saya lakukan ialah mengubah kebiasaan makan saya,” tutur pria yang digadang-­gadang akan menyabet penghargaan aktor ­terbaik dalam Oscar bulan depan. (Uca/H-1)

BERITA TERKAIT