11 January 2020, 12:54 WIB

Ihwal PAW, Puan: Partai Berhak Ajukan Nama


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan parpol berhak mengurus PAW anggota legislatif.

KETUA DPP Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan partai memiliki hak mengurus pergantian antarwaktu (PAW) anggota legislatif. Hal itu disebut telah diatur undang-undang (UU).

"Sesuai dengan UU yang berlaku partai itu memiliki hak untuk kemudian melakukan PAW," kata Puan di sela meninjau pameran rempah-rempah di arena Rakernas I dan HUT Ke-47 PDIP di JIEXpo Kemayoran, Jakart, Sabtu (11/1).

Landasan itu, kata dia, turut digunakan untuk mengajukan Harun Masiku sebagai anggota DPR 2019-2024 menggantikan Nazarudin Kiemas. Kendati begitu Puan mengaku belum mengetahui masa depan Harun di PDIP.

"Itu ditanyakan ke pimpinan partai atau Sekjen (PDIP)," jelasnya.

baca juga: PDIP Ingin Indonesia Jadi Raja Rempah

Mengenai proses hukum, kata dia, pihaknya mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntaskan perkara suap Harun terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Namun ia enggan menjawab mengenai sikap PDIP terkait Harun yang saat ini masih buron.

"Kami menghormati proses hukum yg berjalan dan berlaku. Jadi kita ikuti proses tersebut, tanpa kemudian hal lain ada yang dicurigakan kemudian ditanyakan," pungkasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT