11 January 2020, 09:55 WIB

Masyarakat Bisa Dapat Bibit Pohon Gratis di Kebun Bibit Desa


Siswantini Suryandari | Humaniora

Facebook Siti Nurbaya
 Facebook Siti Nurbaya
Menteri LHKSiti Nurbaya saat meninjau kebun bibit desa di Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah.

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengunjungi kebun bibit desa di Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Tengah. Kedatangan Menteri LHK ini karena tertarik dengan kebun bibit desa yang dibangun secara swakelola oleh BPDASHL Citarum-Ciliwung dan KLHK. Keberadaan kebun itu juga melibatkan masyarakat melalui penyediaan berbagai jenis bibit tanaman.

Dalam laman pribadi Facebook, Siti Nurbaya mengapresiasi dengan hadirnya kebun bibit desa ini.

"Tujuannya untuk memperbanyak tempat-tempat penyediaan bibit yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat desa/kelurahan. Sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja," tulis Siti Nurbaya di dalam Facabook.

Menurutnya hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk dilakukan kegiatan pendukung menyukseskan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Yaitu berupa penyediaan bibit tanaman yang tersebar sampai dengan tingkat desa/kelurahan.

baca juga: Tingkatkan Kualifikasi Dokter Anak, NIF Gelar Seminar Ilmiah

Di lokasi ini bibit yang disediakan bisa mencapai 60.000 batang. Antara lain Mahoni, Damar, Ketapang Kencana, Pucuk Merah dan jenis buah-buahan antara lain Matoa, Nangka, dan Duku. Selain kebun bibit desa, di setiap provinsi ada satu hingga dua lokasi persemaian permanen KLHK yang menyediakan satu juta bibit pohon gratis. Bibit pohon ini dibagikan gratis untuk masyarakat, agar mereka melakukan gerakan penghijauan lingkungan.

"Mari dapatkan bibit gratis dan teruslah menanam pohon untuk merehabilitasi lingkungan kita bersama," pesan Siti Nurbaya. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT