11 January 2020, 07:20 WIB

Spesies Baru Burung Berkicau ditemukan di Indonesia


Bintang Krisanti | Weekend

Afp
 Afp
(foto ilustrasi) Lima spesies burung berkicau ditemukan di Indonesia. 

PENEMUAN baru tentang lima spesies burung berkicau (songbird) di Indonesia, baru saja dipublikasi. Penemuan itu merupakan hasil ekspedisi yang dilakukan pada 2013 dan 2015 namun baru belakangan ini dipublikasikan secara luas.

Dilansir Daily Mail, Kamis (9/1), disebutkan jika penemuan tersebut merupakan penemuan spesies baru terbesar dalam satu abad ini yang terjadi dalam rentang wilayah yang relatif kecit.

Penemuan itu berada di dua provinsi di Indonesia, tepatnya di Taliabu, Maluku Utara dan di dua wilayah di Sulawesi Tengah, yakni Peleng dan Batudaka.

Totalnya ada 10 spesies dan subspesies yang ditemukan tim peneliti dari National University of Singapore. Smentara selama tahun 1990 hingga 2019 keseluruhannya ada 161 spesies baru yang diumumkan ke publik.

Ekspedisi yang berlangsung di Indonesia menghabiskan waktu selama enam minggu. Beberapa spesies yang ditemukan adalah flycatcher yang ada di Hutan Togian, grasshopper-warbler dari Taliabu, dan leaf-warbler yang juga dari Taliabu.

"Penemuan ini menunjukkan jika masih banyak tempat yang belum tereksplorasi secara biologi di dunia ini," ungkap Dr. Jonathan Kennedy dan Jon Fjeldsa yang merupakan anggota tim peneliti dalam Jurnal Science.

Kennedy menambahkan jika masih 85% spesies di dunia ini yang menunggu untuk ditemukan. Penemuan spesies-spesies itu akan memberikan pemahaman kepada manusia mengenai jumlah keanekaragaman hayati yang ada dan cara untuk melestarikannya. Ini menjadi penting karena krisis iklim yang disebabkan gaya hidup manusia telah membuat banyak fauna dan flora diambang kepunahan. (M-1)

BERITA TERKAIT