10 January 2020, 18:20 WIB

Kemensos Buka Posko Induk Bantuan Korban Banjir di Jakarta


Syarief Oebaidillah | Humaniora

GUNA menampung bantuan bagi korban banjir, Kementerian Sosial ( Kemensos) membuka posko induk di Gedung Cawang Kencana Jakarta.Bagi masyarakat dan kalangan perusahaan yang ingin berpartisipasi dapat menyalurkannya ke posko tersebut yang dibuka selama 24 jam.

"Kami informasikan kepada masyarakat dan perusahaan yang.ingin memberi bantuan ke Posko Induk Kemensos ini yang beroperasi 24 jam. Kami menjamin bantuan disalurkan ke tempat tempat yang membutuhkan. " kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara di kantor Kemensos, Cawang, Jakarta, Jumat (10/1).

Menurut Mensos, pihaknya telah menerima sejumlah bantuan dari perusahaan antara lain Sinar Mas,Wings Group, Gereja Bethel, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), dan lain lain.

Baca juga : Kemensos Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Mensos menegaskan Posko Induk ini beroperasi selama masa tanggap darurat . Saat ini pihak Kemensos fokus mendistribusikan bantuan ke tempat terdampak bencana sejak tanggal 2 Januari 2020 lalu.

Menurut Juliari, keberadaan Posko Induk berdiri hingga masa pemulihan dan dideklarasikan masa pemulihan di daerah-daerah yang tanggap darurat.

“Jadi selama masa tanggap darurat , posko ini masih akan berdiri," ujar Mensos seraya menambahkan pihaknya telah menyalurkan bantuan sekitar Rp 15 miliar bagi korban banjir di berbagai daerah.

Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi tim Tagana yang telah bertugas dengan baik menangani dan mengantisipasi bencana.

“Tagana merupakan kaki kaki kami di berbagai daerah yang berkontribusi penting dalam kondisi bencana yang terjadi. Hal ini juga menunjukan negara hadir kepada masyarakat di tengah bencana,”pungkasnya. (Bay/OL-09)

BERITA TERKAIT