10 January 2020, 16:40 WIB

Luhut: AS Bakal Bawa Proyek Puluhan Miliar Dolar AS ke Indonesia


Hilda Julaika | Ekonomi

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan

MENTERI Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pihaknya telah melakukan diskusi dengan CEO Development Finance Corporation (DFC), Adam Boehler. Kabarnya, lembaga investasi Amerika Serikat (AS) ini akan membawa proyek bernilai puluhan miliar dolar AS ke Indonesia.

Adapun dana investasi ini direncanakan akan dikucurkan untuk membiayai investasi pada proyek-proyek infrastruktur, pembangunan jalan, dan energi, hingga jaminan kesehatan.

"Kita baru diskusi dengan pak Adam CEO DFC yang punya fund U$D 60 miliar. Bisa sampai ratusan miliar. Mereka mau masuk ke beberapa proyek, tim masih kerja di atas. Mereka mau masuk toll road di Jawa atau Sumatra lalu di turis," ujar Luhut kepada awak media, Jakarta, (10/1).

Kendati belum menyebutkan waktu realisasi investasi ini, Luhut menuturkan akan segera memulainya. Ia menyebut terdapat tim kerja (working team) yang tengah mengerjakan proyek tersebut.

"Komitmen mereka multi miliar dolar AS. Kami mau segera mulai, working team sedang bekerja proyeknya tuh," imbuhnya.

Adapun Adam Boehler menyampaikan akan segera memastikan besaran investasi yang akan dikeluarkan untuk Indonesia. Investasi ini diklaim Adam sebagai bentuk komitmen terjalinnya hubungan antar negara antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

"Saya tekankan ini multi miliar dolar AS. Nanti beberapa bulan ke depan saya akan balik lagi menegaskan berapa tepatnya investasi kami. Tapi ini akan ada multi miliar yang mengarah ke puluhan miliar dolar AS investasinya," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT