10 January 2020, 15:14 WIB

Angka Kemiskinan Kota Sawahlunto Terendah di Sumbar


Yose Hendra | Nusantara

Antara
 Antara
Kota Sawahlunto menjadi daerah paling rendah angka kemiskinan di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2019.

KOTA Sawahlunto menjadi daerah paling rendah angka kemiskinan di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2019. Kepala BPS Sawahlunto, Hendro Seprita Deza menyebutkan bahwa berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilaksanakan pihaknya, dengan memperoleh angka kemiskinan 2,17 persen itu, jumlah penduduk miskin di Sawahlunto pada 2019 yakni 1.350 jiwa.

"Ada penurunan yang berhasil dicapai dari tahun sebelumnya, yakni di 2018 saat itu jumlah penduduk miskin Sawahlunto mencapai 1.480 jiwa,"   kata Hendro, Jumat (10/1).

Ditambahkan Hendro, untuk garis kemiskinan di Kota Sawahlunto sekarang ini berada pada level Rp374.615 per kapita tiap bulannya. Garis kemiskinan ini meningkat dari tahun 2018 yang berada pada level Rp354.665 per kapita tiap bulan.

Menanggapi keberhasilan turunnya angka kemiskinan di Kota Sawahlunto, Walikota Deri Asta mengatakan bersyukur bahwa itu menunjukkan berbagai program pengentasan kemiskinan yang dijalankan Pemko Sawahlunto membuahkan hasil nyata. Walikota Deri Asta mengingatkan bahwa tugas dan kinerja Pemkot dalam mengurangi angka kemiskinan masih ada dan harus ditingkatkan lebih baik lagi.

baca juga: Warga Terancam Pergerakan Tanah di Cianjur Bergiliran Ronda Malam

"Penurunan angka kemiskinan ini merupakan salah satu fokus kami sehingga masuk dalam prioritas yang sudah diterjemahkan dalam RPJMD. Dalam target RPJMD kita itu 2,27 persen, Alhamdulillah ternyata setelah disurvei BPS, penurunan angka kemiskinannya ternyata melebihi target kita karena sudah mencapai 2,17 persen. Bonusnya ternyata dengan pencapaian itu, kita kembali menjadi Kota dengan angka kemiskinan paling rendah di Sumatra Barat," ujar Walikota Deri Asta. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT