10 January 2020, 13:27 WIB

Polda Babel Tanam 7500 Pohon Cegah Abrasi dan Longsor


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

UNTUK mengantisipasi bencana tanah longsor dan abrasi, Polda Bangka Belitung menanam 7.500 pohon mangrove dan buah-buahan, di tiga lokasi di Pulau Bangka, Jumat (10/1). Kapolda Babel, Brigjen Anang Syarif Hidayat mengatakan kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka Polri Peduli Penghijauan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

"Penanaman pohon untuk penghijauan dan mencegah bencana tanah longsor dan abrasi. Kita laksanakan di Pantai Batu Ampar, Bhayangkara Residen dan Jembatan Emas," kata Kapolda.

Ada 7.500 tanaman mangrove dan tanaman buah-buahan seperti jambu, belimbing, mangga, durian dan rambutan yang siap ditanam di tiga lokasi tersebut. Selain penanaman pohon juga dilakukan pelepasan tukik (penyu).

"Kalau untuk mangrove kita tanam di hamparan pantai yang gersang. Kita  ingin keberadaan mangrove ini dapat menjaga ekosistem laut seperti udang, ikan dan kepiting," ujarnya.

Sedangkan untuk tanaman keras lainya seperti mente dan cemaran untuk menjaga keseimbangan alam agar tidak terjadi longsor dan abrasi serta erosi.

"Kita ingin keseimbangan alam terjaga. Tanah tidak mudah longsor dan tidak abrasi serta erosi sehingga dapat mencegah terjadinya bencana," ungkap dia.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap asri dan tidak merusak hutan agar bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

baca juga: Pemkab Karimun Mulai Terapkan e-Budgeting

"Pohon-pohon yang sudah kita tanam ini, memang manfatnya belum terasa, tapi nanti akan bermanfaat bagi generasikan kita yang akan datang," imbuhnya.

Penanaman pohon turut dihadiri Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Provinsi Babel  Yanuar, Kepala BPDAS Babel Fadillah Sobri dan pejabat utama Polda Babel. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT