10 January 2020, 13:01 WIB

Walikota Solo Pilih Tangani Bencana Daripada Hadiri Rakernas PDIP


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Walikota Solo  FX Hadi Rudyatmo  memilih fokus menangani kebencanaan di kotanya daripada menghadiri Rakernas PDIP pada Jumat (10/1/2020)

KETUA PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo memilih fokus menangani kebencanaan yang ada di kota Solo ketimbang mengikuti Rakernas PDIP dan HUT PDIP ke-47 yang digelar di Jakarta mulai hari ini, Jumat (10/1).

"Ya karena Kota Solo rawan bencana, ini kepentingan yang lebih besar, maka saya pamit dari Rakernas PDIP," ungkap Rudy yang juga walikota Solo ini usai upacara apel tanggap bencana di Plaza Manahan, Jumat (10/1).

Menurut dia, sebagai walikota, tidak bisa mengabaikan ancaman bencana alam pada musim hujan ini. Apalagi sebagai ketua tanggap bencana harus mengkomando secara cepat dan terukur saat bencana yang tidak diharapkan muncul di Kota Solo.

Namun pada saat sama ia juga tidak mengesampingkan kewajiban sebagai pucuk pimpinan partai tingkat cabang, untuk hadir dalam rakernas  yang akan membahas tentang program kerja PDIP 2020

Karena itu terkait rakernas dan HUT PDIP, Rudy mewakilkan delegasi DPC PDIP Solo kepada Wakil Ketua Bidang  Pembangunan Manusia dan kebudayaan Ety Isworo, Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa,  Sekretaris II Farimita Mawarta, dan Bendahara, Johni Sofyan E. Sedangkan perwakilan Pemda ditunjuk Wakil Wali Kota Achmad Purnomo.

"Saya haru memikirkan kepentingan yang lebih besar. Kita memang berharap tidak ada bencana, namun kan harus siap dan bergerak cepat jika muncul bencana.Jangan sampai ada bencana, saya dan wawali pergi, kan lucu," imbuh walikota berkumis tebal.

baca juga: NasDem Desak Mendagri Segera Lantik Bupati Talaud

Rudy tidak bersedia berkomentar tentang ketidakhadiran di rakernas dikaitkan dengan tahapan Pilwalkot 2020. Sebagai catatan, dalam menatap Pilwalkot 2020,DPC PDIP Solo memeberikan penugasan kepada pasangan Achmad Purnomo-Tegih Prakosa yang mendapatkan mandat dari jalur ranting sampai cabang. Namun ada sejumlah orang ingin mencalonkan diri dan mendaftar lewat DPD PDIP Jateng, di antaranya Gibran Rakabuming Raka, yang mendaftar sebagai balon walikota. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT