09 January 2020, 23:42 WIB

PB HMI Dukung Upaya Bersih-Bersih BUMN


Antara | Ekonomi

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
pejabat Ketua Umum PB HMI Arya Kharisma Hardy

PENGURUS Besar Himpunan Mahasiswa Islam mendukung penuh upaya progresif Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam melakukan upaya bersih-bersih di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kami memandang, BUMN adalah simbol kedaulatan ekonomi bangsa yang wajib dirawat dan dijaga dari upaya-upaya praktik korupsi sistemik dan skandal lainnya," kata PJ Ketua Umum PB HMI kata Arya Kharisma Hardy dikutip dari Antara.

Tekait permaslahan yang membelit PT. Asuransi Jiwasraya yang mengalami gagal bayar hingga triliunan rupiah, Arya mengatakan, persoalan itu bisa menjadi momentum untuk bersih-bersih BUMN lainnya yang bisa jadi belum terdeteksi permasalahannya.

"Inisiatif bersih-bersih secara menyeluruh yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Tohir akan dapat mengungkap persoalan di lembaga BUMN lainnya," katanya.

Baca juga ; Kementerian BUMN Minta Kasus Jiwasraya tak Dipolitisasi

Menurut dia, pemulihan manajemen BUMN melalui skema holding dan penerapan penempatan figur yang tepat di posisi strategis perusahaan BUMN menjadi hal yang patut diapresiasi dan didukung.

Arya juga mengusulkan, agar BUMN bekerjasama dengan lembaga terkait seperti Badan Pemeriksa keuangan (BPK), Ombusdman, dan akuntan publik untuk rutin mengontrol kinerja perusahaan dan kinerja direksinya.

Arya turut mengkritisi perusahaan BUMN yang cenderung melakukan monopoli pada sektor bisnis yang dinilainya akan lebih adil jika bekerjasama dengan swasta. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT