09 January 2020, 21:18 WIB

Soal Penanganan Banjir, NasDem Minta Anies Jangan Hanya Berwacana


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

WAKIL Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera mengerjakan program normalisasi dalam rangka penanganan banjir.

Hal ini mengingat curah hujan diprediksi deras oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam tiga hari ke depan.

"Kan anggaran sudah ada. Jangan hanya berwacana ini normalisasi atau naturalisasi. Berwacana saja kapan mau actionnya? Capai juga kita mendengarnya begitu," kata Nova saat dihubungi di Jakarta, Kamis (9/1).

Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh. (MI/Bary Fathahillah)

"Nah kalau perlu dituntaskan saja. Di 2019 tidak ada action sama sekali. Sekarang ini di 2020. Kami akan memonitor," tambah Nova.

Nova setuju jika program normalisasi di Kali Ciliwung segera dilaksanakan. Selain di Ciliwung, ia meminta Pemprov DKI Jakarta juga melakukan normalisasi di Pejaten Timur, seputar Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Harus jelas berapa yanh ditargetkan berapa  yang sudah dibebaskan lahan sama pemprov kita monitor daerah mana saja. Lalu harus sudah ada koordinasi antara pemprov dengan warga-warga yang ingin dibebaskan. Tapi, sampai sekarang ini belum terealisasi," tutur Nova.

Pihaknya juga sepakat untuk membuat panitia khusus (pansus) banjir bersama para anggota DPRD lainnya. Menurut Nova, pansus banjir perlu dibentuk karena Pemprov DKI Jakarta dinilai tidak serius menanggulangi banjir.

"Beberapa partai sudah sepakat membentuk pansus. Artinya ini kami melihat pemprov seperti tidak serius menghadapi banjir. Siap atau tidak menghadapi banjir? Makanya di pansus kami harus tahu apa yang mau diwacanakan," tandas Nova. (X-15)

Baca juga: Anies Sebut Daerah Lain Lebih Parah tapi tidak Ramai di Medsos

Baca juga: Stafsus Sangkal Isu Kerja Bakti Anies Baswedan cuma Pencitraan

Baca juga: Insentia: Anies Paling Trending di Medsos saat Banjir

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT