10 January 2020, 03:45 WIB

Ganda Campuran Sisakan Satu Wakil


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

PASANGAN ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sukses meraih tiket masuk babak delapan besar Malaysia Masters 2020 setelah mengalahkan Man Wei Chong/Tan Pearly Koong Le asal Malaysia, dengan skor 21-12 dan 21-14, kemarin.

Mereka kini jadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda campuran karena Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah Bernadet yang masuk babak kedua justru dihadang unggulan kedua asal Tiongkok Wang Yilyu/Huang Dongping dalam dua gim langsung dengan skor 13-21 dan 23-25.

Sementara Hafiz/Gloria tidak menemukan kesulitan berarti ketika melawan Chong/Le yang gagal bermain dengan tenang. "Untungnya kami bisa membalaskan kekalahan Praveen (Jordan)/Melati (Daeva Oktavianti). Tadi kalau kami kendor sedikit, bisa bahaya juga. Pertahanan mereka (Chong/Le) cukup rapat," ucap Gloria.

Di perempat final, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan Lee Yang/Yang Ching Tun asal Taiwan yang mengalahkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di babak pertama.

"Yang juga main di ganda putra, jadi cover lapangan lebih bagus dan dia juga bisa membimbing pasangannya yang lebih muda. Dari power pun mereka cukup kuat," ucap Hafiz soal lawannya itu.

Selain Hafiz/Gloria, yang juga bisa bermain hari ini, ialah Jonatan Christie yang lolos dari babak kedua setelah menang dari pemain tunggal putra Denmark Rasmus Gemke dengan skor 22-20 dan 21-13.

Indonesia memastikan satu tiket ke semifinal karena Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di babak ketiga jumpa dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Hari ini menjadi pertemuan kedelapan bagi mereka. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga berhasil mengikuti langkah Marcus/Kevin dan Fajar/Alfian.

Sementara di nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu tampil percaya diri saat menaklukkan wakil Malaysia, Tan Pearly Koong Le/Thinaah Muralitharan, dengan skor 22-20 dan 21-15. Mereka hari ini akan melawan ganda putri Korea Selatan (Korsel) Chang Ye Na/Kim Hye Rin. Dalam dua kali pertemuan sebelumnya Na/Kim unggul 2-0 atas Greysia/Apriyani.

"Kami mau balas kekalahan. Ganda putri Korsel kan memang sedang bagus penampilannya. Kami sudah dua kali ketemu, sudah sama-sama tahu permainan masing-masing, nanti akan kami pelajari lagi permainan mereka," tutur Greysia, kemarin.

Tunggal putri habis

Ruselli Hartawan menjadi satu-satunya wakil Merah Putih di nomor tunggal putri yang masuk babak kedua. Namun, dia harus menyerah di tangan unggulan ke tujuh asal Tiongkok, He Bing Jiao, dengan skor, 21-13 dan 21-17.

Ruselli pun memperpanjang rekor tak pernah menang atas pebulu tangkis andalan Tiongkok itu dari empat kali pertemuan.

"Secara keseluruhan, saya banyak mati sendiri. Lawan (Jiao) memang susah dihadapi, tapi sebetulnya masih ada peluang. Tadi banyak error karena kurang tahan, buru-buru mau mematikan jadinya bikin kesalahan. Maunya main bagus tapi kurang tahan," ujar Ruselli soal pertandingannya.

BERITA TERKAIT