09 January 2020, 19:44 WIB

Jadi Perantara Senpi Ilegal, Anak Ayu Azhari Diupahi Rp9 Juta


Tri Subarkah | Megapolitan

Mi/Andry Widyanto
 Mi/Andry Widyanto
tersangka dan barang bukti senpi ilegal kasus Lamborghini koboi

KAPOLRES Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama menyebut Axel Djody Gondokusumo, putra artis Ayu Azhari, berperan sebagai perantara dalam jual beli senjata api ilegal ke Abdul Malik, pengemudi Lamborghini koboi.

Menurut Bastoni, senjata api ilegal tersebut berasal dari M, yang saat ini berstatus DPO. Selain Axel, ada dua orang lagi yang berperan sebagai perantara, yakni Muhammad Setiawan Arifin dan Yunarko.

"(Senpi ilegal) dari M yang masih kita cari. Perantaranya ADG, MSA sama Y, baru ke AM," terang Bastoni di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (9/1).

Ada dua senpi ilegal pabrikan Amerika Serikat yang dijual ke Abdul Malik, yakni senjata laras panjang tipe M16 yang sudah dimodifikasi menjadi M4 dan senjata laras panjang tipe M4 Carbine kaliber 5,56 mm berwarna hitam-biru.

Baca juga ; Putra Ayu Azhari Terkait Jual-Beli Senpi ke Pengemudi Lamborghini

"Kalau yang M16 dia dijual Rp80 juta, M4 dijual Rp115 juta," papar Bastoni.

Transaksi ilegal tersebut dilakukan pada September 2019 saat M meminta bantuan kepada Axel untuk mencari orang yang mau membeli senpinya. Dari situlah Axel merekomendasikan Abdul Malik karena mengetahui bahwa Malik juga merupakan kolektor dan memiliki hobi berburu.

Atas perannya menjadi perantara tersebut, Axel diberikan fee dengan total Rp9 juta. Menurut Bastoni, untuk penjualan M16, Axel mendapatkan fee Rp1 juta, sedangkan untuk M4 sebesar Rp8 juta.

Putra artis Ayu Azhari, Axel Djody Gondokusumo. (Dok Instagram @ayukhadijahazhari)

Untuk diketahui, Axel ditangkap di kediamannya di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Minggu (29/12). Saat ini, polisi masih mendalami asal senpi ilegal yang dipasok oleh M. Polisi juga sudah melakukan pencekalan terhadapnya. (OL-7)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT