09 January 2020, 13:36 WIB

Gubernur Sumut Imbau Warga Tidak Membangun Rumah Dekat Sungai


Apul Iskandar | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
Gubernur Sumut  Edy Rahmayadi  bertemu pengungsi korban banjir bandang di  Desa Pematang, Kecamatan NA IX-X, Labuanbatu Utara, Rabu (8/1).

GUBERNUR Sumatra Utara, Edy Rahmayadi didampingi Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan (Kasdam I/BB), Brigjen TNI Untung Budiharto,  Wakapolda Sumatera Utara (Wakapoldasu), Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis, dan sejumlah pejabat terkait lainnya dari unsur Forkopimda Sumut meninjau
langsung lokasi banjir bandang yang terjadi Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), tepatnya di Desa Pematang, Kecamatan NA IX-X, Rabu (8/1).

Kedatangan gubernur dan rombongan langsung disambut oleh Bupati Labuhanbatu Utara, Kharuddin Syah Sitorus di Lapangan SD Negeri Pematang. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Pematang dan Desa Hatapang di Kecamatan Na IX-X yang dilanda banjir bandang pada Sabtu (29/12/2019).

Saat bertemu gubernur, warga korban banjir langsung mengungkapkan masalah-masalah yang dialami mereka. Terutama warga mulai kesulitan mencari nafkah karena desa mereka luluh lantak dihantam bebatuan dan kayu berukuran besar. Banjir bandang menyebabkan 36 unit rumah hanyut dan sejumlah jembatan serta sawah rusak.

Akibat musibah itu, lima warga Desa Pematang yang merupakan satu keluarga hilang terbawa banjir. Namun, tiga orang di antaranya sudah ditemukan. Sementara dua korban lainnya belum diketahui keberadaannya.

baca juga: Bapak Pembangunan Lembata Tutup Usia

Edy Rahmayadi menyatakan prihatin atas kejadian bencana banjir besar di Labuhanbatu Utara. Pihaknya berjanji akan merealisasi pemulihan pasca banjir bandang ini secepatnya dan menata kembali mulai dari infrastruktur hingga perekonomian masyarakat.

"Warga yang masih bertempat tinggal di daerah ini, jangan membangun rumah di bantaran sungai dan cari tempat yang aman. Kalau pun datang air besar melalui sungai sudah terhindar dan ada upaya menyelamatkan nyawa dari bencana banjir bandang. Semoga saudara kita yang mengalami bencana ini diberikan kesabaran dan kekuatan," kata Gubernur. (OL-3)

BERITA TERKAIT