08 January 2020, 09:05 WIB

France Track dan SMA Labschool Fasilitasi Kuliah di PTN Prancis


mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Nota kesepakatan antara SMA Labschool Cibubur YP UNJ dan  Kedutaan Besar Prancis untuk pendidikan di PTN Prancis.

MENDAPAT kesempatan mengenyam pendidikan bermutu di perguruan tinggi negeri (PTN) adalah menjadi dambaan sekaligus cita-cita dari kebanyakan siswa di sekolah menengah atas  (SMA/SMK).

Lebih membanggakan lagi apabila siswa diterima di PTN di negara-negara yang sudah terkenal pendidikannya di dunia, seperti Prancis, Inggris, Belanda Amerika, Jepang, Korea, dan sebagainya.

Tidak mengherankan apabila sekolah berusaha untuk mampu memfasilitasi dan mendukung untuk mencapai cita-cita tersebut, sehingga dibuatlah program-program atau kegiatan yang memudahkan siswa mencapainya.

SMA Labschool Cibubur YP UNJ adalah satu-satunya sekolah dan yang pertama di Indonesia mendapat kepercayaan dari pemerintah Prancis melalui Kedutaan Besar  (Kedubes) Prancis di Indonesia untuk melakukan pendidikan menengah yang siswanya dapat diterima langsung di PTN Prancis selesai studi di SMA Labschool Cibubur.

Nota kesepakatan dan kesepahaman ditandatangani kedua belah pihak bertempat di Kedubes Prancis pada Jumat, 8 November 2019 yang dilakukan erwakilan Labschool Cibubur dr. Asdineri Ruslim, Sp.OG. dan Direktur IFI Pusat, Dr. Stephane Dovert disaksikan Dubes Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet dan Penasehat Labschool Cibubur Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.

MoU ini berisikan kerja sama dua belah pihak yang akan saling mendukung dalam mempersiapkan siswa yang memiliki semangat dan cita-cita melanjutkan studi di PTN di Prancis.

Program Pendidikan ini bernama France Track, yaitu layanan studi lanjut PTN di Prancis melalui program pembelajaran di SMA Labschool Cibubur.

Kegiatan ini juga sudah mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang secara kelembagaan sudah melakukan MoU dengan IFI Pusat/ Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia.

Sosialisasi dan informasi pertama telah berlangsung dan peluncurannya saat dilaksanakan kegiatan Gen Juara yang diselenggarakan pada Sabtu, 30 November 2019.

Dalam kesempatan tersebut digelar Seminar tentang Pendidikan di Perancis dengan menghadirkan nara sumber Dr. Philipee Grange Atase Budaya Kedubes Prancis, perwakilan IFI dan tokoh pendidikan Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. serta Indira Sunito, M.Psi.

France Track menggunakan kurikulum nasional plus, yaitu menggabungkan antara kurikulum nasional dan kurikulum bahasa Prancis untuk menguatkan kompetensi bahasa Perancis sebagai syarat pendaftaran PTN di Prancis.

Pengalaman belajar di Indonesia dan Prancis serta pembelajaran bilingual (Bahasa Indonesia dan bahasa Prancis). Pembelajaran akan dimulai pada Juli 2020, dan pada tahun pertama France Track hanya akan menerima 45 siswa dari seluruh Indonesia. (OL-09)

BERITA TERKAIT