08 January 2020, 19:24 WIB

Anies Izinkan Pemkot Bekasi Buang Sampah di Bantargebang


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/ Ramdani
 MI/ Ramdani
Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan lampu hijau kepada Pemerintah Kota Bekasi yang hendak membuang sampah ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

Penyebab Pemkot Bekasi hendak membuang sampah di TPST Bantargebang yang dimiliki Pemprov DKI disebabkan banyaknya sampah yang tersisa pascabanjir juga menerjang Bekasi.

Baca juga: Presiden Instruksikan Proyek Sodetan Ciliwung Rampung Tahun Ini

"Tidak ada masalah. Iya, ini adalah Republik Indonesia, ini bukan Republik Jakarta, Republik Bekasi. Ini Republik Indonesia, ini tanah kita, ini warga kita. Ini adalah tanggung jawab kita," kata Anies di Balai Kota, Rabu (8/1).

Selain memberikan izin, Anies menyebut Pemprov DKI juga memberikan sejumlah bantuan berupa alat untuk membersihkan sampah sisa-sisa banjir.

"Ini kita sudah ada percakapan sebetulnya. Kita akan bantu Bekasi, termasuk ada kebutuhan-kebutuhan alat-alat, nanti kita akan pinjamkan alat-alat itu untuk bisa nanti mengelola sampah yang ada di sana," tukasnya.

Menurutnya, meski belum selesai secara administrasi karena harus melewati prosedur birokrasi antar pemerintah daerah, Anies memastikan sudah mengizinkan agar TPST Bantargebang membuka diri bagi sampah dari Pemkot Bekasi. (OL-6)

BERITA TERKAIT