08 January 2020, 14:59 WIB

RI Dorong Penyelesaian Ketegangan AS dan Iran Secara Damai


Indriyani Astuti | Internasional

MI/Haryanto Mega
 MI/Haryanto Mega
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.

PMERINTAH Indonesia mendorong penyelesaian secara damai untuk menyudahi ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin menuturkan sesuai dengan prinsip politik luar negeri, Indonesia menghendaki perdamaia sebab seandainya terjadi hal buruk di antara kedua negara, Indonesia turut merasakan dampaknya.

"Karena itu maka yang harus diupayakan mencari solusi perdamaian supaya tidak terjadi perang," ujar Wapres kepada media di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (8/1).

Wapres juga mendukung upaya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengadakan pertemuan dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr dan Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad salah satunya guna membahas masalah tersebut.

Salah satu prinsip dari pertemuan itu, ujar Wapres, bahwa Indonesia tidak ingin ada peperangan antar kedua negara. Perang, imbuhnya, tidak menguntungkan pihak manapun serta memakan banyak korban.

"Bagaimana mencegah terjadinya peperangan. Karena itu andai kata terjadi peperangan, nah ini jadi sssuatu yang sangat merugikan bagi dunia, ekonomi rusak, politik juga blok-blok akan terbangun, itu sangat berbahaya sekali," tuturnya.

Narasi perdamaian, terang Wapres, harus seoptimal mungkin dibangun oleh Indonesia bersama dengan negara-negara lain terutama yang bergabung di dalam Organisasi Kerja sama Islam (OKI) di Timur Tengah guna menahan supaya tidak terjadi peperangan. (Ind/OL-09)

BERITA TERKAIT