08 January 2020, 13:02 WIB

Cadangan Devisa Indonesia Per Desember 2019 Capai US$129,2 M


Hilda Julaika | Ekonomi

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi cadangan devisa meningkat

BANK Indonesia (BI) mencatat peningkatan cadangan devisa Indonesia pada Desember 2019 sebesar US$129,2 miliar. Peningkatan ini terlampaui dibandingkan perolehan cadangan devisa per November 2019 yang mencapai US$126,6 miliar.

BI menilai dengan cadangan devisa ini bisa mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2019 tercatat sebesar US$129,2 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi akhir November 2019 sebesar US$126,6 miliar," terang Onny melalui rilis yang Media Indonesia terima, Rabu (8/1).

Baca juga: Cadangan Devisa Indonesia Akhir September US$124,3 M

Onny menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan sebanyak 7,6 bulan untuk impor atau 7,3 bulan impor disertai pembayaran utang luar negeri Pemerintah Indonesia. Posisi ini pun berada di atas standar kecukupan internasional untuk cadangan devisa negara atau setara dengan sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," imbuhnya.

Adapun peningkatan cadangan devisa ini diperoleh atas pengaruh penerimaan devisa migas, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, dan penerimaan valas lainnya. Menurut Onny, BI memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik.(OL-5)

BERITA TERKAIT