08 January 2020, 12:09 WIB

Pasca-OTT, Bupati Sidoarjo Jalani Pemeriksaan di KPK


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

BUPATI Sidoarjo Saiful Ilah yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah tiba di Jakarta. Saiful kini menjalani pemeriksaan lanjutan setelah sebelumnya di tangkap di Sidoarjo dan menjalani pemeriksaan awal di kantor Polda Jawa Timur, Surabaya.

Saiful tiba di Gedung KPK, Rabu (8/11) pagi, dengan mengenakan jas hitam. Politikus yang mendapat dukungan dari PKB itu langsung memasuki gedung dan menjalani pemeriksaan. Kepada awak media, Saiful irit berbicara terkait penangkapannya.

"Aku enggak tahu (OTT)," kata Saiful.

Sejumlah orang yang diamankan bersama Saiful juga turut dibawa ke untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Penangkapan kepala daerah tersebut menjadi OTT pertama KPK jilid V di bawah kepemimpinan Firli Bahuri. Diduga, penangkapan berkaitan dengan suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

"(OTT) terkait pengadaan barang dan jasa. Selengkapnya akan disampaikan ketika konferensi pers. Kami akan jelaskan para pihak yang terlibat dalam proyek pengadaan barang dan jasa di kab tersebut," kata Ketua KPK Firli Bahuri.

Rencananya, informasi detail akan disampaikan pimpinan KPK dalam konferensi pers, Rabu (8/1) sore ini. Sesuai ketentuan, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang ditangkap. (Dhk/OL-09)

BERITA TERKAIT