08 January 2020, 12:01 WIB

Gempa 6,4 Guncang Simeulue, BPBD: Sejumlah Bangunan Rusak


Ferdian Ananda Majni | Nusantara

STR/AFP
 STR/AFP
Seorang warga di dalam rumahnya yang sebagian roboh akibat gempa 6,4 SR di Pulau Simeulue, Sumatra Barat. 

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Ali Hasmi mengatakan gempa bumi dengan kekuatan 6,4 Skala Richter (SR) melanda kawasan itu tidak menimbulkan korban jiwa akan tetapi sejumlah bangunan diketahui mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami dan tanggal yang sama terjadi Gempa bumi susulan pada pukul 13.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M3,3," kata Ali saat dimintai keterangan, Rabu (8/1).

Dia menjelaskan, data kerusakan ringan pascagempa bumi di Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh, yakni Kantor Bupati Simeulue; Kantor Satpol PP dan WH; Kantor MPU Simeulue; Kantor Camat Teupah Tengah; Puskesmas Kecamatan Teupah Barat; Kantor Desa Salur Kecamatan Teupah Barat; Kantor Wartawan (Pers Kabupaten Simeulue); Pasar Rakyat Kecamatan Teluk Dalam sebanyak 5 Pintu; dan 1 unit rumah penduduk di Desa Badegong Kecamatan Teupah Selatan mengalami rusak ringan sehingga berdampak terhadap 1 KK atau 3 jiwa.

"Data kerusakan lainnya, kami masih menunggu laporan dari pihak Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue. Selanjutnya jumlah kerusakan dan kerugian masih dalam perhitungan oleh tim," sebutnya

Ali mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Begitu juga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

" Pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," lanjutnya.

Sebelumnya,Kabupaten Simeulue diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6,4 sekira pukul 13:05:18 WIB. Menurut BMKG, lokasi pusat gempa yakni di 2.29 LU, 96.24 BT, atau 24 km Barat Daya Sinabang, Aceh, dengan kedalaman 13 Km.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan gempa juga turut dirasakan hingga ke Kabupaten Aceh Selatan,  Singkil, Nias Utara, Gunung Sitoli, Medan, Nias Barat, dan Meulaboh. (Fer/OL-09)

BERITA TERKAIT