08 January 2020, 10:53 WIB

Pemerintah Harus Perhatikan Pulau-Pulau Terluar


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

PULAU-pulau terluar di kawasan Provinsi Aceh kurang  mendapat perhatian. Padahal pulau-pulau kecil yang berbatasan langsung dengan negara-negara luar itu sangat strategis dikembangkan sebagai kawasan pertahanan keamanan dan sumber potensi perekonomian. Apalagi pulau-pulau terluar tersebut jarang dipantau. Sesuai keputusan Presiden RI Nomor 6, pada 2 Maret 2017 menetapkan  111 pulau kecil terluar di Indonesia. Dari jumlah 111 itu, tujuh di antaranya berada di wilayah Provinsi Aceh.

Masing-masing adalah Pulau Simeulue Cut, Pulau Salaut Besar (di perairan Kabupaten Simeulue), Pulau Raya, Pulau Rusa, Pulau Bateeleblah (Aceh Besar), Pulau Rondo dan Pulau Weh (Kota Sabang). Pulau-pulau terluar di perairan laut Serambi Mekkah itu hingga sekarang tidak berpenghuni dan memiliki potensi sumber daya alam luar biasa.

"Paling disinggahi nelayan tradisional saat berlayar di sekitar pulau itu. Sayang tidak di urus dengan baik" kata Abdullah, pemerhati masalah kelautan dan kepulauan di Aceh, kepada Media Indonesia, Rabu (8/1/2020).

baca juga: Bupati Kena OTT, Pelayanan Pemkab Sidoarjo Berjalan Normal

Ia meminta pemerintah lebih peduli terhadap pulau-pulau terluar dan pulau kecil yang jumlahnya ratusan itu. Apabila tidak mendapat perhatian, pulau-pulau itu menjadi sasaran pencurian ikan, dan lainnya. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT