08 January 2020, 06:40 WIB

Kyrgios Antar Australia ke Fase Gugur Piala ATP


Antara | Olahraga

PETENIS Australia Nick Kyrgios menaklukkan petenis peringkat enam dunia Stefanos Tsitsipas dengan skor 7-6(7), 6-7(3), dan 7-6(5) untuk mengamankan langkah tuan rumah ke fase gugur Piala ATP, pada pertandingan yang dimainkan di Pat Rafter Arena, Brisbane, Selasa (7/1).

Kyrgios melepaskan pukulan backhand penentu kemenangan pada situasi matchpoint dan menjatuhkan diri untuk merayakan kemenangan keduanya dari dua pertandingan melawan juara ATP Finals, ketika publik tuan rumah bersorak-sorai menyambut kemenangannya.

Kemenangannya memastikan Australia melaju ke fase gugur setelah memenangi semua pertandingan mereka di Piala ATP.

"Melelahkan! Terdapat banyak kegembiraan. (Saya) tahu itu akan menjadi pertandingan yang berat," kata Kyrgios di tepi lapangan.

"Ia adalah petenis luar biasa dan ia begitu muda. Ia akan melakukan hal-hal istimewa di olahraga ini," tambahnya mengenai Tsitsipas.

Baca juga: Rusia dan Serbia Susul Australia

Kyrgios absen pada pertandingan melawan Kanada karena cedera pada punggnya dan pada Selasa (7/1) menggantikan posisi petenis peringkat satu Australia Alex de Minaur, yang mengalami masalah pada otot perutnya.

Petenis Australia itu kerap mengalami kesulitan mengontrol perilakunya, namun, kali ini, justru Tsitsipas yang mendapat pengurangan poin karena dengan sengaja memukul bola ke arah Zona Tim Yunani.

Tsitsipas juga membanting raketnya saat merasa frustrasi setelah kalah pada set pembukaan. Tindakan itu membuat ia ditegur ibunya yang berada di Zona Tim.

Sebaliknya Kyrgios tetap tenang dan menjaga fokusnya.

"Saya sedang dalam masa percobaan maka saya harus tetap tenang. Saya berusaha, saya berusaha (menjadi orang yang lebih baik)," tuturnya. (OL-

BERITA TERKAIT