07 January 2020, 23:25 WIB

Pembunuhan Hakim PN Medan Terungkap, Dalangnya sang Istri


Tri Subarkah | Nusantara

MI/Andry Widyanto
 MI/Andry Widyanto
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Pol Argo Yuwono

POLISI telah menangkap pembunuh Jamaluddin, seorang hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumatra Utara, yang ditemukan meninggal pada Jumat, 29 November 2019 lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Pol Argo Yuwono, menyebut bahwa pelaku beejumlah tiga orang.

"Kemarin Polda Sumatra Utara yang mem-back-up Polrestabes Medan berhasil menangkap pelakunya, ada tiga pelaku," kata Argo di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (7/1).

Salah satu pelaku pembunuhan Jamaluddin merupakan istri korban, yakni ZH Argo menyebut ZH sebagai otak dari pembunuhan tersebut.


Baca juga: Kejati Kembalikan Lagi Berkas Kasus Penembakan Mahasiswa Kendari


"Yang terpenting kami sampaikan pelakunya sudah terungkap, pelakunya tiga di mana otaknya itu istrinya sendiri," ungkap Argo.

Sementara itu, lanjut Argo, dua pelaku lainnya merupkan orang suruhan ZH, yakni JP dan R. Argo mengatakan rilis lengkap kasus pembunuhan tersebut akan dilakukan secara lengkap oleh Kapolda Sumatra Utara.

Sebelumnya, Jamaluddin ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di dalam mobil Toyota Land Cruiser Prado hitam dengan nomor polisi BK 77 HD.

Mobil tersebut ditemukan di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat (29/11) siang. (OL-1)

BERITA TERKAIT