08 January 2020, 04:45 WIB

BIJB Kertajati Jadi Embarkasi Haji


(UL/EM/H-1) | Humaniora

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditetapkan sebagai embarkasi dan debarkasi perjalanan haji. Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan surat keputusan Menteri Agama tentang Penetapan BIJB sebagai Embarkasi/ Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, kemarin.

Dengan begitu, jemaah haji Jawa Barat yang hendak menunaikan ibadah ke Arab Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini diterbangkan melalui BIJB Kertajati. Juga saat pulang, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Adapun kuota haji Jabar sebanyak 38. 852 jemaah yang terbagi dalam 97 kelompok terbang.

"Seluruh jemaah haji asal Jabar akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses customs, immigration, and quarantine, serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Fachrul di BIJB Kertajati.

Menag berharap kehadiran embarkasi/debarkasi haji di BIJB Kertajati bisa menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat. "Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah," ungkap Menag.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar, menambahkan jika tahun ini pihaknya akan membangun asrama haji di Kabupaten Indramayu. Bahkan, Nizar juga sudah mendapatkan kepastian jika pemda setempat sudah bersedia untuk membangun masjid di lokasi embarkasi. "Terima kasih kepada pemda karena berjanji membangun masjid di asrama haji Indramayu," ungkap Nizar. (UL/EM/H-1)

BERITA TERKAIT