08 January 2020, 03:25 WIB

Rusia dan Serbia Susul Australia


(Mal/ATP/R-3) | Olahraga

RUSIA berhasil menjadi negara ketiga yang merebut tiket masuk perempat final Piala ATP 2020 yang digelar di Australia. Sebelumnya, telah ada Serbia dan Australia yang lebih awal menginjakkan kakinya ke babak delapan besar. Rencananya perempat final berlangsung di Sydney.

Petenis rangking lima dunia, Daniil Medvedev, menjadi penentu Rusia memasuki perempat final. Kemenangannya atas petenis Norwegia, Casper Ruud, dua set langsung 6-3 dan 7-6 (8-6) melengkapi hasil positif yang sebelumnya diraih Karen Khachanov yang mengalahkan Viktor Durasovic 6-2 dan 6-1.

"Melawan Casper saya tahu saya harus menyelesaikan beberapa poin. Saya tahu harus agresif dan saya pikir itu banyak membantu saya," kata Medvedev seusai pertandingan.

Rusia menang telak atas Norwegia karena pasangan ganda putranya, yakni Teymuraz Gabashvili/Konstantin Kravchuk mempertegas keunggulan dengan skor 7-6 (4) dan 6-4 atas Casper Ruud/Viktor Durasovic.

Pada perempat final yang akan dimulai Kamis (9/1), Rusia akan menghadapi juara Grup E yang kemungkinan akan didapat oleh Kroasia.

Namun, persaingan di Grup E sangat ketat sehingga juara grup bisa saja diisi Argentina dan Austria. Laga ketiga penghuni Grup E berlangsung hari ini. Kroasia akan melawan Argentina dan Austria melawan Polandia.

Sementara itu, Serbia berhak terbang ke Sydney setelah Novak Djokovic/Viktor Troicki mengalahkan petenis Prancis, Nicolas Mahut/Edouard Roger-Vasselin, dengan skor 6-3, 6-7 (5), dan 10-3. Prancis sempat menunda kepastian Serbia masuk perempat final karena pemain tunggalnya, yaitu Dusan Lajovi menang 6-2, 6-7 (6-8), dan 6-4 dari Benoit Paire. Namun, Djokovic menyamakan kedudukan setelah dirinya menundukkan Gael Monfils 6-3 dan 6-2.

Seusai bermain bersama Troicki, Djokovic mengatakan, "Saya sangat emosional karena saya benar-benar peduli bermain untuk Serbia. Namun, saya juga peduli berada di tim bersama teman-teman saya. Mereka adalah teman terbaik dalam hidup saya. Kami memainkan begitu banyak pertandingan ganda bersama-sama sejak junior." (Mal/ATP/R-3)

BERITA TERKAIT