07 January 2020, 21:46 WIB

Mitigasi Banjir, Ancol Siapkan 26 Rumah Pompa Air


Insi Nantika jelita | Megapolitan

UPAYA mitigasi dampak banjir, pihak Ancol telah menyiapkan 26 rumah pompa air. Hal itu disampaikan oleh Vice President Ancol Taman Impian, Budi Aryanto.

Pompa air tersebut dilengkapi dengan 48 unit pompa dengan kapasitas buang 447,1 meter kubik/menit dan saat ini kondisinya berfungsi dengan baik.

"Manajemen Ancol juga bekerjasama dengan pengelola pintu air kopro Ancol, untuk memonitor level air untuk mengatisipasi debit volume air baik banjir yang berasal kiriman dari hulu maupun dari pasang tinggi air laut," ujar Budi dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (7/1).

Menurut Budi, kondisi cuaca yang masih kurang kondusif sejak awal Januari 2020 masih terus berlangsung sampai pekan ini.

Baca juga : Pasca Banjir, Hampir Seluruh Jaringan Telkom Jabodetabek Pulih

Dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengungkapkan bahwa akan terjadi pasang maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara pada pekan depan sekitar tanggal 9–11 Januari 2020, antara pukul 10.00-11.00 WIB.

Pihaknya, kata Budi, juga melakukan pembersihan ke seluruh gorong-gorong atau saluran air di kawasan Ancol termasuk rumah pompa air.

"Petugas penjaga pantai Ancol serta keamanan, bersiaga untuk memonitor dan mengawasi seluruh aktivitas pengunjung serta memberikan himbauan secara periodik melalui sound area. Kami mengimbau agar pengunjung tidak perlu khawatir untuk berekreasi ke Ancol," tandas Budi. (OL-7)

BERITA TERKAIT