07 January 2020, 19:02 WIB

Tiba-tiba "Nge-Like" Fanpage Anies, Warganet Protes


Thomas Harming Suwarta | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

MERASA tidak pernah mengklik tombol "Like" pada fanpage Anies Baswedan di Facebook, banyak warganet protes karena namanya tiba-tiba muncul pada daftar penyuka fanpage Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Salah satu Pengguna Facebook, Gorginna Essy, melayangkan protes karena nama orang tuanya muncul pada daftar yang menyukai laman Anies yang dia ketahui orang tuanya yang sudah meninggal tersebut ikut menyukai Anies. 

Baca juga: Presiden Minta Gubernur Banten Setop Tambang Emas Ilegal

"Ortu gw nggak pernah ngelike pages gaberner Anies Baswedan... Sial bener nih orang. Lama2 maen curangnya kebangetan," tulisnya merujuk nama orang tuanya Rufinus Lahur yang tertera pada daftar nama yang menyukai Anies.

Bukan hanya Essy, protes juga datang dari Meirza Amran karena dia melihat beberapa nama temannya ada dalam daftar penyuka Anies sementara dia kenal betul dengn teman-temannya tidak menyukai Anies. 

"Man teman-teman coba ketik dan cari nama Anies Baswedan di kolom search. Akan muncul pages AB dan check apakah kalian auto like pages ini. Beberapa nama yang saya capture adalah nama-nama yang saya tau ga akan nge-like orang ini. Kalau anda tidak merasa Like akun ini silakan lapor ke facebook,"tulis Amran sambil tag beberapa nama temannya tersebut.

Pengguna facebook lain, Nelly Debora, juga ikut mengajukan protes. "Lho koq ada namaku. Padahal ga ngelike. Aduh," tulis Debora.

Komentar-komentar miring pun bermunculan mulai dari menuding Anies licik hingga menyebut Anies curi start karena ingin maju Capres pada 2024. "Licik orangnya mentang-mentang mau nyapres," tulis akun Christina Coombes.

Baca juga: Jokowi Lantik Suhartoyo dan Daniel Yusmic Jadi Hakim MK

Pegiat media sosial Deny Siregar juga terkena auto like fanpage Anies. " Maaf ya, Anies Baswedan karena dengan curang memaksa saya harus LIKE page anda, maka anda saya laporkan ke FB karena sudah melakukan "kekerasan seksual" tulisnya.

Sampai Selasa (7/1) sore, Fanpage Anies Baswedan disukai sebanyak 1.666.587. Fanpage ini merupakan media informasi semua kegiatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. (OL-6)

BERITA TERKAIT