07 January 2020, 17:23 WIB

Tanggul Jebol 16 Meter, Lahan PadiTerendam Banjir


Ahmad Yakub | Nusantara

Ist
 Ist
Ilustrasi

TANGGUL Kali Kerjo di Dusun Poluju, Desa/Kecamatan Baureno, Bojonegoro, Jawa Timur, jebol sepanjang 16 meter dengan lebar 4 meter pada Selasa (7/1) siang. Akibatnya, ratusan hektare padi dan areal pertanian di daerah itu terendam.

''Betul Mas.Ini saya sedang menuju lokasi tanggul yang jebol," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Bojonegoro, Eko Susanto, Selasa (7/1) siang

Berdasarkan informasi awal, terang dia, hukan deras yang terjadi dalam beberapa hari terakhir menjadi penyebab tanggul Kali Kerjo-- anak Sungai Begawan Solo tak mampu menampung debit air hingga jebol sepanjang 16 meter dengan lebar 4 meter dan ketinggian tanggul 6 meter.

Kondisi tersebut mengakibatkan ratusan hektare tanaman padi yang berumur 21 hari dan areal pertanian di Kecamatan Kepohbaru dan Baureno terendam banjir. Lahan pertanian dan tanaman padi yang terendam itu sebagian di antaranya di Dusun Poluju, Desa/Kecamatan Baureno dan Desa Sumbergede, Bumirejo, Betet, Sugihwaras, Kecamatan Kepohbaru. Padi yang terendam banjir itu kisaran umur 21 hari.

"Data sementara padi yang terendam seluas 70 hektare," ujarnya sembari mengungkapkan, jumlah itu dimungkinkan mengalami peningkatan.Sebab saat ini yang baru terdata di Desa Sumber Gede.Sedangkan, wilayah lain masih dalam proses pendataan.

''Kami masih mendata dilokasi," pungkasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT