07 January 2020, 13:18 WIB

Wapres Ingin Pengmbangan Transportasi Demi Dongkrak Perekonomian


Indriyani Astuti | Ekonomi

WAKIL Presiden (Wapres) RI KH. Ma'ruf Amin ingin agar pengembangan transportasi di Provinsi Banten lebih diperhatikan. Saat ini, pemerintah merencanakan membangun tiga bandara baru dan memperpanjang jalur kereta api hingga ke Pelabuhan Merak.

Hal itu diutarakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ketika menyambangi Istana Wakil Presiden, Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (7/1).

Menhub menjelaskan, pengembangan transporasi di Banten penting diperhatikan lebih detial karena provinsi itu penyangga ibu kota Jakarta. Selain itu, dengan konentivitas yang baik diharapkan perekonomian masyarakat dapat mengingkat seiring munculnya sentra-sentra bisnis baru.

"Kami jelaskan bahwa programnya berkaitan dengan kereta api," ujar Menhub seusai bertemu dengan Wapres.

Dipaparkannya, saat ini sudah ada kereta api rel ganda (double track) yang menggunakan tenaga elektrifikasi dari Jakarta hingga ke Rangkasbitung. Kereta rel listrik tersebut mengubungkan daerah-daerah di sekitarnya antara lain Maja dan membuat perekonomian di sana membaik.

Selain itu, proyek yang akan direaliasikan dalam waktu dekat ialah pengadaan kereta api dengan jalur melewati Serang dan Merak, Provinsi Banten.

"Kalau sekarang sudah berfungsi tetapi yang akan datang akan lebih kita tingkatkan," papar Budi Karya.

Selain itu, Menteri Perhubungan juga akan melakukan aktivasi jalur kereta api lain yang melewati Labuan, Pandeglang, Banten. Jalur tersebut akan diperpanjang dan diintegrasikan dengan Merak, Serang dan Lebak sehingga masyarakat di Banten dapat menggunakan kereta api.

"Dengan adanya kereta, masyarakat di sana sangat terbantu. Itu major (garis besar) yang akan kita lakukan di sana," ucapnya.

Untuk transportasi udara, Budi Karya mengatakan akan ada tiga bandara baru yang akan difungsikan di Provinsi Banten. Lokasi pertama di sekitar Tenjo, Tanggerang, Banten yang diproyeksikan sebagai bandara peyangga Soekarno-Hatta di Banten.

Baca juga : Gubernur Banten Tetapkan Status Tanggap Darurat

Kedua bandara yang sudah ada di Teluk Naga, Tanggerang, Banten dan satu bandara baru di Pandeglang. Adapun progres pembangunannya, ujar Budi, sudah pada tahap pengajuan proposal oleh pihak pengembang.

"Pak Wapres meminta pengembangan bandara di Bojonegara, Banten. Kita harus siapkan bandara-bandara yang banyak, kalau di negara maju di kota besar bandaranya bisa sampai lima atau enam," tuturnya. (Ind/OL-09)

BERITA TERKAIT