07 January 2020, 16:15 WIB

Kebakaran Australia Diprediksi Berlanjut Beberapa Bulan ke Depan


Rifaldi Putra Irianto | Internasional

AFP/SAEED KHAN
 AFP/SAEED KHAN
Kebakaran di Australia

BADAN Meteorologi Australia memprediksi kebakaran hutan dan semak yang terjadi di Australia Selatan kemungkinan akan terus berlanjut dalam jangka panjang.

Menurut Badan Meterorologi Australia, sebagian besar wilayah 'Negeri Kangguru' Selatan akan mengalami cuaca panas di atas rata-rata dan curah hujan di bawah rata-rata selama beberapa bulan.

"Februari hingga April juga kemungkinan akan lebih hangat dibanding rata-rata seluruh wilayah Australia, dengan suhu lebih hangat pada Januari kemungkinan dialami di wilayah utara dan timur Australia serta sebagian besar pesisir Australia Selatan dan Australia Barat," ungkap badan tersebut seperti dilansir Xinhua, Selasa (7/1).

Baca juga: Korban Tewas Kebakaran Hutan Australia Bertambah Jadi 24 Orang

Badan Meteorologi Australia juga memprediksi Januari curah hujan dengan intensitas tinggi akan melingkupi wilayah barat Australia Selatan. Sementara wilayah lainnya di negara bagian itu hanya akan mengalami sedikit bahkan tidak ada hujan.

Hingga saat ini, sekitar 160 ribu hektare wilayah Australia, dengan sepertiga di antaranya merupakan kawasan suaka margasatwa yang dilindungi, telah hangus terbakar.

Kekhawatiran juga muncul terhadap populasi koala dengan 25 ribu ekor atau setengah dari populasi yang ada diduga mati terbakar. (OL-2)

BERITA TERKAIT