07 January 2020, 16:00 WIB

Sampah di Kota Yogyakarta Menumpuk Usai Hujan Deras


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

Dok. DPRD DIY
 Dok. DPRD DIY
Sampah di Sungai Buntung

USAI hujan deras yang terjadi di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitarnya terlihat sampah yang menumpuk. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, Selasa (7/1) pagi.

Ia mengatakan saat sidak dengan anggota Komisi A DPRD DIY, Senin (6/1), melihat banyak sampah yang menumpuk di sungai Kalibuntung, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Keberadaan sampah tersebut meresahkan. Selain membuat lingkungan kotor, tumpukan sampah di sungai juga dapat menghambat aliran.

"Kali Buntung perlu penanganan serius. Kita lihat tadi talud sudah rusak dan hal ini dapat mengancam keselamatan warga. Demikian juga sampah, perlu pengelolaan yang lebih serius dari Pemda," kata Eko di Gedung DPRD DIY.

Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta harus turun tangan dan bertanggung jawab terhadap keadaan sungai yang ada di wilayahnya. Saat curah hujan tinggi bisa mengakibatkan bencana banjir dan longsor.

Baca juga: Volume Sampah Banjir Capai 6.000 Ton Hingga Hari Ini

Pihaknya kemarin meninjau lokasi tersebut besama Camat Jetis Sumargandi dan Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi. 
Eko berharap, setelah kunjungan tersebut, Pemkot Yogyakarta lebih memperhatikan masalah sungai dan sampah ini.

"Tidak hanya pada pembangunan fisik saja tetapi juga citra kita yang harus dipertahankan sehingga kesan sungai yang penuh sampah dan rawan bencana banjir ini akan mencoreng citra Yogyakarta sebagai kota budaya dan Pak Wali Kota harus bekerja keras karena sampah yang ada mengganggu aliran alir dan dapat mengganggu kesehatan," pungkas Eko Suwanto.(OL-5)


 

BERITA TERKAIT