07 January 2020, 12:15 WIB

Nissan Sesalkan Kaburnya Ghosn


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/JOEL SAGET
 AFP/JOEL SAGET
Carlos Ghosn

PRODUSEN mobil asal Jepang Nissan, Selasa (7/1), mengecam aksi mantan pemimpin mereka Carlos Ghosn yang melarikan diri dari tahanan di 'Negeri Matahari Terbit' tersebut. Nissan berjanji akan melanjutkan langkah hukum untuk membuat Ghosn bertanggung jawab.

Ghosn yang akan disidang karena melakukan korupsi, tudingan yang dibantahnya, melarikan diri dari Jepang pada 29 Desember ke Lebanon.

Aksi itu memancing kemarahan pejabat Jepang. Namun, Ghosn mengklaim dirinya tidak akan mendapatkan keadilan jika berada di negara itu.

Baca juga: Tiongkok Kirim Utusan Baru ke Hong Kong

Nissan, dalam sebuah keterangan resmi, mengatakan aksi Ghosn melanggar sistem peradilan Jepang dan Nissan sangat menyesalkannya.

"Perusahaan akan melanjutkan langkah hukum untuk membuat Ghosn bertanggung jawab atas semua pelanggaran yang dilakukannya terhadap Nissan," tegas perusahaan itu.

Ghosn menyebut tuduhan yang dilamatkan kepadanya berawal dari kudeta di dalam tubuh Nissan yang dilakukan oleh pejabat lokal yang takut dengan rencananya untuk semakin mengintegrasikan perusahaan itu dengan perusahaan aliansi mereka asal Prancis, Renault. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT