07 January 2020, 11:45 WIB

CR7 Jadi Pemain Kedua yang Cetak Hattrick di Tiga Liga Berbeda


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP/Marco BERTORELLO
 AFP/Marco BERTORELLO
Cristiano Ronaldo

CRISTIANO Ronaldo terus menulis namanya di buku rekor setelah memulai 2020 dengan mencetak hattrick untuk Juventus dalam kemenangan 4-0 melawan Cagliari di Serie A, Selasa (7/1) dini hari WIB.

Hattrick di Turin itu menandakan dirinya menjadi pemain kedua yang mencetak hattrick di Serie A, La Liga, dan Liga Primer Inggris pada abad ini. Sebelumnya, ada penyerang asal Cile Alexis Sanchez yang mencapai prestasi ini.

Sanchez mencetak hattrick untuk Arsenal dalam kemenangan 5-2 melawan Leicester di Stadion King Power pada September 2015, setelah sebelumnya membukukan trigol untuk Barcelona dan Udinese.

Baca juga: Ronaldo Hattrick, Juventus Lumat Cagliari

Ronaldo, tentu saja, mencetak hattrick liga untuk Manchester United dan Real Madrid sebelum upayanya untuk Bianconeri di Allianz Stadium, kandang Juventus.

Setelah babak pertama tanpa gol, Ronaldo langsung membuka skor di empat menit babak kedua baru berjalan.

Pemain berjuluk CR7 itu pun menggandakan keunggulan Juve dari titik penalti di pertengahan babak kedua. Tidak cukup mencetak gol, penyerang berusia 34 tahun itu memberikan assist yang melahirkan gol bagi Gonzalo Higuain untuk membuat skor 3-0 di delapan menit tersisa.

Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu kemudian menyelesaikan hattrick-nya satu menit kemudian untuk mengakhiri kemenangan.

Trigol ini merupakan hattrick liga penyerang Portugal ke-36 sepanjang karirnya. Tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak gol di lima liga besar Eropa sejak 2008. Itu termasuk rival besarnya, Lionel Messi, yang berada di urutan kedua dalam daftar dengan 34 kali, sementara Luiz Suarez jauh di urutan ketiga dengan 16 kali.

Secara total, Ronaldo kini telah mencetak 56 hattrick untuk klub dan negara, dengan trigol kesembilannya untuk Portugal saat melawan Lithuania pada November 2019 menyamai rekor internasional yang dipegang pemain Swedia Sven Rydell.

Gol pembuka Ronaldo juga berarti dia menjadi pemain pertama yang mencetak setidaknya satu gol dalam salah satu dari lima liga top Eropa dalam 18 tahun terakhir.

"Awal 2020 berjalan baik untuk saya, namun yang terpenting adalah tim. Kami bermain sangat bagus dan ini adalah kemenangan penting untuk kami menekan Inter. Tentu saja saya senang dengan hattrick pertama di Liga Italia," ujar Ronaldo. (goal/OL-2)

BERITA TERKAIT