06 January 2020, 22:32 WIB

Krisis Politik, Tiongkok Pecat Kepala Perwakilannya di Hong Kong


Rifaldi Putra Irianto | Internasional

TIONGKOK memecat direktur kantor penghubung di Hong Kong Wang Zhaming dan menggantinya dengan politikus senior Tiongkok Luo Huining. Keputusan itu disinyalir karena Wang dinilai gagal mengatasi krisis politik di Hong Kong yang terjadi selama 6 bulan terakhir.

"Dalam enam bulan terakhir, situasi Hongkong telah membuat hati semua orang bersedih. Semua orang dengan sungguh-sungguh berharap Hongkong dapat kembali ke jalan yang benar," ucap Luo, politikus beruisa 65 tahun seperti dilansir AFP, Senin, (6/1).

Seperti diketahui, Jutaan orang turun ke jalan-jalan di Hongkong sejak Juni tahun lalu, Gelombang protes awalnya dipicu oleh RUU ekstradisi yang kontroversial.

Baca juga : Pedemo Hong Kong Siapkan Protes di Malam Tahun Baru

Protes besar-besaran yang dilakukan kelompok-kelompok kecil pemrotes garis keras telah berulang kali memerangi polisi anti huru-hara dengan lebih dari 6.500 orang ditangkap.

Luo dengan nada berdamai mengatakan Hongkong telah memberikan kontribusi penting bagi pembuka (China) dan medernisasi.

Mengambil referensi singkat tentang kekerasan politik, Luo pun mengutip pidato tahun baru presiden Xi Jinping yang mengatakan "Tanpa lingkungan yang harmonis dan stabil, bagaimana mungkin ada rumah dimana orang-orang dapat hidup dan bekerja dengan bahagia," tuturnya. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT