06 January 2020, 20:00 WIB

Uhamka Terjunkan Tim Tanggap Bencana Bantu Korban Banjir


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Uhamka
 Dok. Uhamka
Tim Tanggap bencana Uhamka

UNIVERSITAS Muhammadiyah Prof Dr.Hamka (Uhamka) ikut menurunkan Tim Tanggap Bencana untuk membantu korban banjir dengan menyisir lokasi terdampak banjir di sejumlah titik di DKI Jakarta.

Tim yang terdiri dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa dari seluruh fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa Imapala serta ifotografi itu bersama-sama dengan warga membersihkan sampah, lumpur sisa banjir, jalanan, halanan masjid, dan sekolah yang terdampak banjir.

“Senin 6 Januari sekolah di DKI Jakarta sudah masuk kembali. Karenanya kami bantu membersihkan sekolah, menata bangku dan meja supaya anak-anak bisa kembali belajar dengan baik,” kata Wakil Rektor III Uhamka Lelly Qodariah dalam keterangan tertulisnya.

Tim Tanggap Bencana yang berada dibawah komando Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro tersebut akan bekerja membantu warga sampai sisa banjir bisa dibersihkan. Tim IMAPALA bahkan sudah bergerak ke lapangan sejak 1 Desember 2020 dengan turut serta dalam upaya evakuasi korban banjir di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Selain itu, Tim Tanggap Bencana Uhamka juga terlibat dalam evakuasi warga di Perumahan Indah Asri, Duri Kosambi, Jakarta Barat yang wilayahnya terkepung banjir sejak 1 Januari 2020.

Baca juga : Mahasiswa Uhamka Raih Penghargaan di SEATeacher Batch 8

Selain membantu dengan tenaga, Tim Tanggap Bencana Uhamka juga menghimpun donasi dari sivitas akademika Uhamka dan juga stakeholder lewat Lazismu.

Donasi yang dikelola LPP AIK di bawah koordinasi Wakil Rektor IV Uhamka Bunyamin tersebut selanjutnya didistribusikan ke titik-titik banjir bekerjasama dengan PWM DKI Jakarta.

“Uhamka sebagai lembaga pendidikan tinggi akan terus memberi untuk negeri sebagai bentuk pengabdian dan tanggung jawab sosial,” ungkap Bunyamin.

Sebelumnya, tim Tanggap Bencana Uhamka telah mendistribusikan air bersih dan makanan siap saji bagi masyarakat Kampung Dukuh dan sekitarnya, serta daerah Jalan Delima kelurahan Susukan pada 2 Januari 2020.

Pendistribusian air bersih menjadi sangat vital mengingat PAM dan listrik dipadamkan, sehingga masyarakat kesulitan untuk wudhu dan kegiatan hajat lainnya.

Baca juga : Gubernur DKI Ikut Resmikan Pusat Studi Budaya Betawi Uhamka

Dalam penyisiran daerah terdampak banjir, tim juga membantu TK Aisyiyah Bustanul Atfal di daerah Centex, Kramatjati, Jakarta Timur yang terkena dampak banjir. Di sekolah tersebut, peralatan sekolah dan buku siswa terendam banjir.

Kepala SD Muhammadiyah 11 Tanjung Lengkong Jakarta Timur Dedi Iswantara yang juga dosen di program studi PGSD FKIP Uhamka  menyampaikan terima kasih atas bantuan dan tim Tanggap bencana Uhamka

Dengan bantuan tim Tanggap Bencana Uhamka, proses pembersihan lumpur dan sampah sisa banjir lebih mudah dan cepat. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT