06 January 2020, 21:08 WIB

Kepala BNPB Alami Kecelakaan Helikopter di Sangihe


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo mengalami kecelakaan usai helikopter TNI AD jenis Mi-35P Noreg HS-7154 yang ditumpanginya gagal mengudara di Lapangan Gesit, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Senin (6/1).

Insiden tersebut terjadi ketika Doni bersama rombongan usai memberikan sambutan di pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sangihe.

Doni bersama rombongan menaiki helikopter pada pukul 11.40 Wita. Alih-alih terbang, helikopter yang ditumpangi Doni dan rombongan tak mampu mengangkat badan pesawat.

Helikopter hanya bisa terbang rendah dan naasnya menukik mundur hingga bagian ujung dari sayap kiri pesawat helikopter mengait bagian depan mobil dinas Palaksa Lanal Tahuna Letkol Laut (P) Christian.

Baca juga : Bekasi Dapat Bantuan Rp3 M untuk Penanggulangan Banjir

Mobil Christian yang diparkir di pinggir kanan Lapangan terangkat hingga setinggi kurang lebih 5 meter selama 3 menit. Kemudian mobil dinas tersebut terlepas dan jatuh ke tanah yang diikuti dengan jatuhnya tangki cadangan avtur di sayap kiri dan menimpa bagian belakang mobil dinas Pemda Sangihe.

Pilot helikopter Faris Affandi menduga helikopter tidak bisa naik karena tidak memiliki tenaga yang diakibatkan adanya perubahan cuaca.

“Tidak ada power untuk mengangkat pesawat. Ini terjadi karena perubahan cuaca yang tiba-tiba dan berhembus angin kencang,” tutur Faris.

Tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Adapun kerugian dari kejadian gagal terbang ini, yakni sayap kiri helikopter bagian ujung mengalami rusak dan tangki avtur cadangan sebelah kiri lepas dan rusak.

Lalu, beberapa mobil dinas rusak berat pada bagian depan, samping kiti dan bagian belakang. (OL-7)

BERITA TERKAIT