06 January 2020, 20:00 WIB

Jalan Longsor, Warga Mujiah Karawang Terisolasi


Cikwan Suwandi | Nusantara

Dok. MI
 Dok. MI
Jalan longsor, warga terisolasi

HUJAN deras yang membuat Sungai Cibeet meluap menyebabkan longsor yang cukup parah di Dusun Mujiah, Desa Mekarmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat. Akibatnya, ratusan warga setempat terisolasi karena akses jalan antardesa longsor.

"Akses jalan saat ini hancur, warga harus melewati kebun-kebun warga," kata Obeh, warga Dusun Mujiah, kepada Media Indonesia, Senin (6/1).

Obeh mengaku padahal longsoran bibir Sungai Cibeet ini sudah sangat sering terjadi. Warga harus saling membahu membuat akses jalan baru seusai longsor.

Obeh menyebut jalan tersebut merupakan akses satu-satunya Dusun Mujiah dengan Desa Karangligar.


Baca juga: Angin Kencang, Tiga Santri Tertimpa Bangunan


Sementara itu, Sekretaris Desa Mekarmulya, Yusuf Tonjiri, mengaku telah meminta untuk melakukan penguatan tanggul Sungai Cibeet di wilayahnya. Setiap musim penghujan longsoran bibir Sungai Cibeet terus terjadi bahkan telah memindahkan jalan sebanyak 5 kali dan merusak lebuh dari 40 rumah dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya sudah minta kepada pemerintah daerah untuk menyampaikan kepada BBWS. Kami berharap ada perbaikan tanggul," katanya.

Salah seorang petugas Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Kaming, menyebut akses jalan tergerus derasnya aliran Sungai Cibeet.

Gerusan tersebut, kata Kaming, mencapai 100 meter dengan kedalaman sekitar lima meter. Jalan yang tergerus tersebut berjarak sekitar tiga meter dari permukiman warga. (OL-1)

BERITA TERKAIT