06 January 2020, 19:40 WIB

Cuaca Ombak Ekstrem Iringi Petugas Patroli ke Laut Natuna Utara


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Cuaca Ombak Ekstrem Iringi Petugas Patroli ke Laut Natuna Utara

KONDISI gelombang laut tinggi menjadi kendala bagi para petugas untuk melakukan patroli menuju perairan laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Senin (6/1).

Pasalnya, cuaca dengan ombak besar yang ekstrem berkisar hingga enam meter di Perairan Natuna Utara, kala itu. Hal tersebut diakui oleh nakhoda Kapal Orcha 01 milik Kementerian Perikanan dan Kelautan, Priyo Kurniawan, saat melaksanakan tugas patroli di wilayah Perairan Laut Natuna.

"Kita selalu melakukan giat patroli rutin baik ke Natuna maupun ke wilayah lain karena ini menjadi tugas kami untuk mengawasi keadaan di laut,” ujar Priyo.


Baca juga: Natuna Memanas, Kemenhan Didorong Perkuat Persenjataan Bakamla


Priyo sendiri membawa awak kapal untuk berpatroli sebanyak 22 orang. Meskipun gelombang laut tergolong tinggi, Kapal Orcha 01 tetap melaksanakan giat patrol rutin ke wilayah Perairan Laut Natuna.

Di sisi lain, dalam perjalanan menuju Natuna Utara, ditemukan kapal ikan yang dijaga oleh Kapal Coast Guard Tiongkok. Sementara, KRI Tjiptadi-381 terus dicoba dihalau oleh Kapal Guast Coast Tiongkok dari lambung kiri.

Untungnya, KRI Tjiptadi-381 mempertahankan halu dan kecepatan, meskipun kapal asal Tiongkok itu terus mendepat dan mencoba menghalau kapal milik TNI tersebut. (OL-1)

BERITA TERKAIT