06 January 2020, 18:44 WIB

Legislator NasDem Dorong Pemanfaatan Potensi Desa


Cahya Mulyana | Ekonomi

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Anggota DPR dari Frakjsi NasDem Syamsul Luthfi saat melakukan reses di Dapilnya

ANGGOOTA DPR RI asal Fraksi NasDem Syamsul Luthfi mendorong masyarakat desa mengembangkan potensi sumber daya alam. Contohnya lewat hasil pertanian yang dapat menambah kesejahteraan bila dikelola dengan baik.

"Setiap desa memiliki potensi seperti yang berasal dari hasil bumi. Maka saya menggelar festival nyiong kopi dan kuliner sesion sebia yang menyuguhkan produk kopi dan cabe goreng khas Desa Bagik Payung Selatan, Lombok Timur, NTB," katanya kepada Media Indonesia, Senin (6/1).

Menurut dia, kegiatan yang digelar pada agenda resesnya itu bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang potensi ekonomi yang ada di lingkungan setempat. Ketika produk hasil pertanian dikembangkan maka memberikan nilai tambah yang cukup untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Bangkit Kembangkan Potensi Desa

Makanan khas dan produk hasil bumi dapat terserap oleh pasar lokal dan nasional. Syaratnya masyarakat harus pintar dalam mengolah dan menyajikannya.

Untuk itu, kata dia, pembinaan intensif dari pemerintah menjadi kuncinya. Selaku wakil rakyat, ia terpanggil untuk membantu masyarakat di daerah pemilihannya mengembangkan ekonomi kerakyatan.

"Saya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga gotong royong membangun desa. Karena dengan begitu desa ini memiliki potensi yang begitu besar, terutama ibu-ibu rumah tangga yang mampu menghidangkan kuliner khas seperti sesion sebia (cabe goreng) dan kopi," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT