06 January 2020, 19:00 WIB

‘Jembatan Besi’ Goyang, Dishub Bekasi Jamin Aman


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi jembatan gantung

DINAS Perhubungan Kota Bekasi menjamin jembatan Teluk Angsan di Jalan Teluk Buyung, Bekasi Utara aman dilalui kendaraan. Meskipun, selama beberapa bulan ke depan hanya kendaraan kecil yang boleh melintas.

“Setelah hasil evaluasi dari Kemen PU, juga Dinas Bina Marga, jembatan tersebut masih aman digunakan,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi Enung Nurcholis, Senin (6/1).

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jadi Penyebab Banjir Tol Japek

Enung menjelaskan, menurut dinas setempat, jembatan tersebut masih aman selama beberapa bulan ke depan. Namun, untuk teknis penjagaan Dishub juga menurunkan perambu di lokasi jembatan untuk menghalau kendaraan berat yang nekat melintas. “Kalau petugas jaga ada delapan orang di sana,” kata dia.

Enung mengimbau, untuk kendaraan berat agar mencari jalur lain yang bisa dilalui. Sebab hingga diperbaiki jembatan Teluk Angsan yang terkenal dengan sebutan ‘jembatan besi’ tersebut tak bisa menopang beban berat. “Kita hanya berupaya agar tidak ada beban berat di atasnya,” tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak enam jembatan di wilayah Kota Bekasi diterjang banjir. Satu di antaranya goyang menyebabkan hanya bisa dilalui kendaraan kecil. Enam jembatan tersebut adalah Jembatan Teluk Pucung, Jembatan Kemang Pramata, Jembatan Cipendawa lama, Jembatan Juanda (Bendung Prisdo), Jembatan Cut Mutia dan Jembatan Teluk Angsan. Namun hanya Jembatan Teluk Angsan yang mengalami kerusakan hingga bergoyang. (OL-6)

BERITA TERKAIT