06 January 2020, 13:41 WIB

Atap Retak Jadi Pertanda Gedung akan Runtuh


Sri Utami | Megapolitan

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
 ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
 Anggota Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta melakukan evakuasi terhadap bangunan yang ambruk di Slipi

KETAKUTAN karyawan minimarket yang berada pada gedung runtuh di Slipi Jaya, Rizal, terbukti. Senin (6/1) pagi, Rizal sedang memeriksa berbagai barang yang akan didisplay di toko tempatnya bekerja, tepatnya di lantai dua gedung.

Ketika itu, perhatiannya terpecah kala melihat retakan di bagian langit-langit lantai dua semakin besar. Tanpa pikir panjang, Rizal segera meminta semua teman dan pelanggan yang datang saat itu untuk keluar gedung. Benar saja, dua menit kemudian gedung tersebut luluh lantak dan menyisakan sebagian gedung saja. 

"Saya sudah curiga atapnya sudah retak-retak. Akhinya saya ke bagian operasional dan langsung minta untuk keluar semua. Setelah kami semua keluar baru gedung benar-benar runtuh," ujar Rizal.

Tidak ada korban jiwa dari pihak penyewa gedung, sedangkan dua korban luka yakni pengemudi ojek daring dan penumpangnya. Rizal bersyukur dapat selamat dari runtuhan gedung tersebut.

Baca juga: Bangunan di Slipi Jaya Ambruk, Ada 2 Warga Terjebak di Reruntuhan

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus mengatakan dugaan sementara gedung mengalami kemiringan sejak beberapa tahun lalu. Penyebeb kemiringan dan runtuhnya gedung masih dalam penyelidikan.

"Kami masih meminta keterangan dari saksi dan sekarang masih lakukan evakuasi. Tapi yang sudah kami ketahui gedung itu sudah miring sejak dua tahun lalu," ucapnya. 

Selanjutnya, dia meminta masyarakat tidak mendekati gedung tersebut karena selain akan membuat kemacetan juga menghindari kejadian yang tidak diinginkan lainnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT