06 January 2020, 13:09 WIB

BMKG: Gempa di Garut tak Berpotensi Tsunami


Ihfa Firdausya | Nusantara

GEMPA tektonik berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Samudera Hindia di bagian Selatan Jawa, Senin (6/1) pukul 06.12.23 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat titik gempa berada di laut pada jarak 121 km arah Barat Daya Kota Garut, Jawa Barat pada kedalaman 41 km.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," tegasnya dalam keterangan resmi, Senin (6/1).

Baca juga: Salurkan Bantuan ke Daerah Terisolir di Lebak Gunakan Helikopter

Rahmat menyebut gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktifitas subduksi. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," terangnya.

Guncangan gempa bumi ini terasa hingga Kabupaten Sukabumi dan Pelabuhan Ratu serta Kab. Bandung "Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ungkap Rahmat.

Hasil monitoring BMKG hingga Senin (6/1) pukul 06.50 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock).

Rahmat mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta warga memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum kembali ke dalam rumah. (OL-6)

BERITA TERKAIT