06 January 2020, 13:09 WIB

Sekolah di Cibinong Roboh Akibat Hujan Awal Tahun


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

MI/Atikah Ishmah Winahyu
 MI/Atikah Ishmah Winahyu
SDN Cirimekar 02, Cibinong, Bogor, Jawa Barat roboh akibat hujan deras yang mengguyur di awal 2020.

SEBANYAK 203 siswa di SDN Cirimekar 02, Cibinong, Bogor, harus menumpang belajar di sekolah tetangga setelah atap sekolahnya roboh akibat hujan deras yang mengguyur pada awal 2020.

Kepala SDN Cirimekar 02 Siti Choeriah menuturkan berdasarkan kesaksian warga sekitar, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (1/1) pukul 04.30 WIB.

"Langsung ambruk begitu saja karena hujan kan atapnya genteng, gentengnya cukup berat dan air terus menerus, dari kemarin hujan terus jadi tampaknya keberatan," kata Siti saat ditemui di sekolahnya, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/1).

Akibat kejadian tersebut, tiga ruang kelas, satu ruang guru dan satu ruang IT/TU beserta barang-barang di dalamnya seperti komputer, lemari dan AC rusak parah. Agar kegiatan belajar mengajar dapat tetap berlangsung, para murid dan guru dipindahkan ke SDN Cirimekar 01 yang tidak jauh dari sekolah.

"Kebetulan karena kita menumpang, jadi kita se-selesainya dia. Jadi kita sekolahnya siang dari jam 12.00 sampai 17.00, yang paginya (dipakai) yang punya," terangnya.

Baca juga:  Mendikbud Minta Sekolah Terdampak Banjir Diliburkan

Siti mengungkapkan, sebelum peristiwa ini terjadi, pihaknya telah mengajukan renovasi ke dinas setempat karena sudah sekitar 10 tahun lamanya bangunan sekolah belum direnovasi. Rencananya, gedung SDN Cirimekar 02 akan direhabilitasi total dan diperkirakan memakan waktu sekitar 1 tahun.

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Entis Sutisna mengungkapkan, proses perbaikan sekolah ini diperkirakan akan memakan dana sebesar Rp1,38 miliar yang berasal dari APBD.

"Kebetulan sekolah ini memang listnya sudah masuk rehab tahun ini, tapi kebetulan keduluan bencana," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT