06 January 2020, 10:50 WIB

Bekasi Dapat Bantuan Rp3 M untuk Penanggulangan Banjir


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
 ANTARA FOTO/Risky Andrianto
 Warga membersihkan sisa lumpur pasca banjir yang merendam kawasan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi

PEMERINTAH Kota Bekasi mendapat dana bantuan sebesar Rp3 miliar untuk penanggulangan wilayah dan korban banjir. Dana tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan BNPB.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, menyampaikan, dana tersebut akan dipergunakan untuk membeli peralatan dan kebutuhan bagi korban banjir di Kota Bekasi. Apalagi, titik banjir yang ada menyebar di 11 dari 12 kecamatan yang ada.

“Dana tersebut dari Pemprov Jabar sebesar Rp2 miliar dan BNPB Rp1 miliar yang diperuntukan bagi korban banjir,” kata Tri, Senin (6/1).

Tri menjelaskan dana bantuan Rp2 miliar dari Pemprov Jawa Barat diperuntukan untuk kebutuhan dapur umum, obat-obatan, mobil operasional dan logostik bagi korban banjir. Sementara Rp1 miliar dari BNPB akan digunakan untuk rumah warga yang mengalami kerusakan kategori parah, sedang dan ringan.

“Untuk kerusakan parah, sedang dan ringan akan disalurkan dengan nominal yang berbeda. Nanti ada pihak yang meninjau di masing-masing titik,” jelas dia.

Baca juga: Korban Meninggal Akibat Banjir di Bekasi Jadi 9 Orang

Sementara itu, lanjut Tri, Pemkot Bekasi masih berupaya memperbaiki baik secara fisik pembangunan dan psikologis para korban banjir. Ratusan aparatur juga telah diterjunkan untuk membantu membersihkan lumpur yang masuk ke rumah warga.

"Pemerintah Kota Bekasi juga telah berkoordinasi dengan masing-masing kecamatan untuk melakukan pendataan dokumen kependudukan pasca musibah banjir yang melanda," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT