06 January 2020, 10:00 WIB

Gempa 5,1 SR Guncang Kabupaten Garut


Kristiadi | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi Gempa

GEMPA berkekuatan 5,1 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, sekitar pukul 6.12 WIB, Senin (6/1). Pusat gempa tersebut berada di 120 kilometer barat daya dengan kedalaman 10 kilometer, tepatnya di 8,15 lintang selatan dan 107,34 bujur timur.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, masih melakukan pemeriksaan terhadap dampak gempa di wilayah Garut selatan.

"Untuk sekarang ini belum ada laporan terkait kerusakan yang dirasakan warga di selatan selama beberapa detik. Kami meminta kepada masyarakat harus waspada meskipun sekarang ini aktivitas warga masih berjalan normal," kata Agus, Senin (6/1).

Baca juga: 

Agus mengatakan, gempa yang terjadi di hari pertama sekolah ini dirasakan sebagian warga namun mereka masih tetap beraktivitas seperti biasa.

"Memang getarannya dirasakan warga di kota maupun Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Sukabumi dan Bandung. Kami juga meminta agar masyarakat di Garut selatan tetap waspada dan saat kejadian itu terjadi kondisi air laut di Pameungpeuk Garut normal tidak ada kenaikan," ujarnya.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT