06 January 2020, 08:22 WIB

Berharap Bebas, Tuntutan Romy Digelar Hari Ini


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Romahurmuziy

TERDAKWAkasus dugaan korupsi jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenang), Romahurmuziy, berharap dituntut bebas oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Laki-laki yang akrab disapa Romy tersebut akan menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan yang digelar hari ini di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat. Hal tersebut langsung dikonfirmasi oleh Penasehat Hukum Romahurmuziy.

"Betul sidang tuntutan pak Romy. Kita dengar saja," kata penasehat hukum Romy, Maqdir Ismail, saat dikonfirmasi Media Indonesia, Senin, (6/1).

Maqdir berharap kliennya tersebut dituntut bebas. Bukan tanpa alasan, dirinya yakin bahwa Romy tidak ada niat untuk menerima hadiah atau suap dari mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenang Jawa Timur, Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Muafaq Wirahadi.

"Pemberian dari Haris sudah dikembalikan. Pemberian dari Muafaq tidak pernah diterima. Jadi tidak ada kesalahan Pak Romy," ujar Maqdir.

Sebelumnya, Mantan Ketua Umum PPP tersebut didakwa menerima suap Rp325 juta dari Haris. Dirinya juga disebut menerima Rp91,4 juta dari Muafaq.

Suap diterima Romy secara bertahap dari Januari hingga Maret 2019. Perbuatan tersebut diduga dilakukan bersama-sama dengan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Romy didakwa melanggar Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat 1 KUHP. (OL-11)

BERITA TERKAIT