06 January 2020, 07:30 WIB

Fosil Hutan Tertua Ditemukan di New York


Melalusa Susthira K | Humaniora

MI/Duta
 MI/Duta
Ilustrasi MI

TIDAK dinyana, hutan tertua di dunia ditemukan di bagian utara New York, AS. Tepatnya di sebelah barat Sungai Hudson. Buktinya berupa fosil akar pohon berusia 386 juta tahun di sebuah tambang kapur di Greene County.

Para peneliti menemukan tiga jenis pohon di hutan purba itu, yaitu cladoxylopsids, archaeopteris, dan satu sampel dari jenis pohon ketiga yang belum dapat diidentifikasi.

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan akar kayu yang sangat panjang, yang mengubah cara tanaman dan tanah mengumpulkan air. Diperkirakan, hutan tersebut akhirnya musnah karena banjir.

Peneliti berharap temuan ini dapat meningkatkan pemahaman tentang evolusi pohon dan bagaimana mereka menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer. Hutan tersebut mampu mengubah komposisi global udara planet secara mendasar dengan menjadi penyerap karbon yang signifikan.

"Ini hutan sangat kuno sejak awal planet berubah menjadi hijau dan hutan menjadi bagian normal dari sistem Bumi," kata peneliti dari Universitas Cardiff, Chris Berry, dalam jurnal yang diterbitkan oleh Current Biology. (Livescience/BBC/Uca/X-3)

BERITA TERKAIT