06 January 2020, 05:45 WIB

Angkat Produktivitas Industri Hasil Hutan, KLHK Siapkan Strategi


(Ind/H-2) | Humaniora

MI/ 	Ardi Teristi Hardi
 MI/ Ardi Teristi Hardi
Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono 

PEMERINTAH berupaya meningkatkan kontribusi hutan produksi terhadap ekonomi Indonesia yang cenderung menurun pada 2019. Sejumlah strategi pun disiapkan.

"Pemerintah terus melakukan terobosan-terobosan dan strategi," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang sekaligus pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) KLHK Bambang Hendroyono, kemarin.

Strategi yang disiapkan mulai dengan memberikan kemudahan investasi pemanfaatan hutan produksi, pengembangan usaha di hutan alam (HA) dan hutan tanaman industri (HTI), pengembangan hasil hutan bukan kayu (HHBK) dan jasa lingkungan, kemudahan investasi industri dan ekspor produk hasil hutan, hingga optimalisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

PNBP dari hasil kayu pada 2019 tercatat Rp2,73 triliun atau lebih kecil dari 2018 yang mencapai Rp2,86 triliun. Penurunan juga terlihat dari produksi kayu bulat dan investasi pada industri dan ekspor produk hasil hutan. Namun demikian, KLHK mencatat ada kenaikan dari produksi hasil hutan bukan kayu. (Ind/H-2)

BERITA TERKAIT