06 January 2020, 04:50 WIB

Australia belum Terbendung


(ATPCup/AusOpen/R-3) | Olahraga

AFP/PATRICK HAMILTON
 AFP/PATRICK HAMILTON
Petenis Australia Alex de Minaur meloncat ketika mengembalikan bola ke arah wakil Kanada Denis Shapovalov 

AUSTRALIA berhasil lolos ke babak perempat final Piala ATP 2020 setelah menang telak dengan skor 3-0 dari Kanada, kemarin. Berlaga di Brisbane, timnas Australia yang diperkuat John Millman dan Alex de Minaur di nomor tunggal putra serta Chris Guccione/John Peers di nomor ganda putra, berhasil melanjutkan kemenangan yang mereka dapat di hari pertama atas Jerman pada Jumat (3/1).

Walau tampil untuk pertama kalinya, Millman sukses menang 6-4 dan 6-2 dari wakil Kanada, Felix Auger-Aliassime. Selanjutnya, De Minaur mencatatkan kemenangan keduanya di Piala ATP setelah menundukkan Denis Shapovalov dengan skor 6-7 (6-8), 6-4, dan 6-2. Sebelumnya, De Minaur secara mengejutkan berhasil mengalahkan petenis nomor tujuh dunia Alexander Zverev pada hari pertama.

Guccione/Peers memastikan dominasi tuan rumah setelah menang dramatis karena harus melalui tie-break dengan skor 3-6, 7-6 (7-3), dan 10-8.

"Saya sangat bangga dengan seluruh anggota tim. Inilah yang namanya pengabdian untuk negara," kata kapten Australia Lleyton Hewitt.

"Untuk anak-anak, ini kesempatan yang baik untuk bermain di turnamen yang baru pertama kali ada. Sangat spesial juga karena bermain di hadapan publik sendiri," ujarnya lagi.

Walau telah masuk ke babak selanjutnya, Australia masih harus menjalani laga terakhir di fase penyisihan. Lawan ketiga selanjutnya yang akan dihadapi pada Selasa (7/1) di Grup F ialah Yunani yang bersama Jerman belum pernah menang. Sementara itu, Kanada ada di posisi kedua karena menang dari Yunani di hari pertama.

Selain Australia, yang juga belum pernah terkalahkan ialah Bulgaria yang menghuni Grup C bersama Belgia, Inggris, dan Moldova. Bulgaria belum bisa ke perempat final karena tidak menang sempurna ketika melawan Moldova, kemarin. Grigor Dimitrov dkk harus puas dengan skor 2-1.

Jika berhasil menjadi juara grup, Bulgaria dipastikan bakal menjadi lawan Australia pada Kamis (9/1). (ATPCup/AusOpen/R-3)

BERITA TERKAIT