05 January 2020, 20:35 WIB

Ronaldo Berpeluang Kembali Bela Timnas Basket Indonesia


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

  ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
  ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 Pebasket putra Indonesia Christian Ronaldo Sitepu (kiri) berebut bola dengan pebasket Singapura Qingde Wu  

MANTAN pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta, Christian Ronaldo Sitepu, berpeluang kembali ke lapangan dari masa pensiun untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia.

Menurut Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, Dodo sapaan akrab Christian Ronaldo, menjadi opsi cadangan apabila proses naturalisasi dua pebasket asing urung selesai tepat waktu.

Dua pebasket impor yang tengah dikebut proses paspor Indonesia ialah Lester Prosper asal Inggris Raya, dan Brandon Jawato yang berdarah Amerika Serikat-Indonesia.

"Jadi kami akan ambil dua pemain dari klub non IBL untuk join di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 Februari 2020. Hal itu dilakukan apabila dua pemain asing ini telat dapat paspor," ujar pria yang akrab disapa Mocha itu.

Mocha mengaku salah satu nama yang sudah dijajaki pendekatan untuk bermain di Timnas kalah Dodo.

Pebasket yang membawa SM juara Liga IBL 2017/2018 itu diajak kembali bermain karena Indonesia kekurangan pebasket berposisi big man.


Baca juga: I Gusti Bagus Paling Berpeluang Lolos ke Olimpiade 2020


Kendati demikian, Mocha berharap Prosper dan Jawato bisa dinaturalisasi secepatnya oleh Tim Basket Garuda demi bisa lolos kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Proses naturalisasi kedua pebasket sejatinya lancar. Namun, ada beberapa dokumen yang perlu ditandatangani salah satu kementerian.

"Pada akhirnya kita akan gunakan segala cara dan jaringan agar paspor keduanya ini bisa selesai tepat waktu," ujarnya.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 sendiri akan digelar ditiga windows (waktu berbeda).

Kualifikasi waktu pertama akan berlangsung pada 20-23 Februari 2020. Indonesia yang tergabung di Grup A akan menghadapi Korea Selatan dan Filipina.

Laga tersebut rencananya akan berlangsung di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (OL-1)

BERITA TERKAIT